Tutorial Mendapatkan Canva Pro untuk Sekolah & Yayasan

Canva merupakan aplikasi pembuat grafis yang sangat populer. Platform Canva bisa menggunakan browser ataupun aplikasi yang terinstall di android ataupun iphone.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang yang tidak memiliki pengalaman desain grafis. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari membuat sampul buku, posting di media sosial, slide, ebook, sampul CD, dan lain-lain.

Bahkan, fiturnya ditambah untuk membuat video animasi stop motion sederhana. Namun, sayangnya beberapa fitur unggulan Canva harus diakses dengan akun premium atau disebut dengan Canva Pro.

Jika melihat harganya, sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya $9.95 atau setara Rp150.000 tiap bulan. Anda bisa membaca disini untuk Pricing Canva.

Kabar baiknya, Canva memberikan akses kepada sekolah dan lembaga NGO untuk memanfaatkan Canva Pro secara cuma-cuma alias gratis. Tentu, ada mekanismenya yang akan kita ulas bersama.

Langkah-langkah untuk mendapatkan Canva Pro, bisa anda lihat di slide di bawah ini:

Jika anda tidak bisa melihat tanyangan di atas, silakan ikuti langkah-langkah utuk mendapatkan Canva Pro secara gratis di bawah ini:

Persiapan

  1. Sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya ana menyiapkan dokumen bukti bahwa anda adalah bagian SDM dari sekolah atau yayasan (lembaga non profit)
  2. Persyaratan wajib untuk akun Canva Pro adalah DOMAIN WEBSITE sekolah atau lembaga (biasanya berekstensi .sch.id untuk sekolah dan .org atau .or.id untuk lembaga)
  3. Jika belum punya website, maka kemungkinan akan sulit diterima pengajuan kita. Boleh diskusi dengan saya untuk membuat website sekolah/lembaga dengan biaya terjangkau. (klik tautan ini)
  4. Baca persyaratan untuk mendapatkan Canva Pro untuk sekolah dan Canva Pro untuk Non Profit

Langkah-langah Pengajuan Canva Pro

1. Buka URL www.canva.com/education

2. Klik Register now for free

3. Lakukan pendaftaran jika anda belum memiliki akun. Jika adan sudah memiliki akun di Canva klik Sign in

4. Jika email yang anda daftarkan email biasa (gmail, ymail, dll), bukan email dengan ekstensi sekolah seperti sch.id atau ac.id, akan muncul tampilan seperti ini:

5. Abaikan ini dan lanjutkan klik Apply for an account today

6. Anda akan dibawa menuju kehalaman seperti di bawah ini, silakan lengkapi semua data yang diharuskan dan gunakan Bahasa Inggris, sebab tim Canva yang akan melakukan review terhadap pendaftaran anda.

7. Pastikan anda juga mengunggah bukti bahwa anda adalah guru atau pegawai disekolah yang bersangkutan berupa SK ataupun bukti lain dalam bentuk JPG, bisa di-scan atau di foto dengan HP.

8. Setelah selesai mengisi semua data, dan klik SUBMIT. Proses verifikasi kurang lebih 2-3 hari, terkadang juga 7 hari kerja. Tetapi, pengalaman saya kemarin 3 hari kemudian akan ada email baru dari Canva yang menunjukkan pendaftaran berhasil seperti gambar di bawah ini.

NB: Oh ya, ini juga berlaku untuk pendaftaran Canva Pro untuk Lembaga Non Profit seperti yayasan pendidikan. Untuk pendaftaran Canva Pro Non Profit bisa klik tautan di bawah ini:

Demikian tutorial pendaftaran Canva Pro untuk Sekolah dan Yayasan GRATIS, semoga bermanfaat. Jika anda mendapatkan kesulitan anda bisa menghubungi saya disini.

Leave a Reply

Item added to cart.
0 items - Rp0
%d bloggers like this: