Mengenalkan Pertanian pada Peserta Didik

Bang Ridlo
Latest posts by Bang Ridlo (see all)

Salah satu kesenangan dan kebahagiaan tersendiri saat mudik adalah bisa menikmati hamparan pertanian berupa sawah dan ladang. Pemandangan yang tidak mudah ditemui saat berada di kota.

Hamparan sawah yang berjenjang-jenjang, diapit beberapa sungai kecil dan tidak lupa pepohonan kelapa di antara sela-sela petak sawah.

Entah apa karena memang saya dilahirkan dari keluarga petani (dari Kakek & Nenek) yang juga petani di desa membuat saya begitu nyaman dan menikmati suasana di desa.

Foto Pertanian oleh Alejandro Barrón: https://www.pexels.com/id-id/foto/ladang-jagung-pada-siang-hari-96715/

Foto oleh Alejandro Barrón: https://www.pexels.com/id-id/foto/ladang-jagung-pada-siang-hari-96715/

Jika kita berbicara tentang pertanian, tentu yang tergambar dalam benak kita adalah hamparan sawah atau ladang yang luas.

Sebagai pendidik, mengenalkan dunia pertanian di kelas perlu kita lakukan. Selain sebagai bagian dari pembelajaran kontekstual. Mengenalkan dunia pertanian pada peserta didik membuat mereka memahami potensi negri kita yang kaya akan sumber daya alam.

Mengapa Peserta Didik Perlu dikenalkan dengan Pertanian?

Peserta didik sekarang khususnya yang berada di jenjang SD/MI merupakan generasi Z & Alfa yang sangat lekat dengan dunia teknologi dan informasi yang serba cepat.

Memperkenalkan pertanian Indonesia kepada mereka perlu dilakukan agar mereka memahami bahwa sektor pertanian di Indonesia merupakan penopang perekonomian nasional. Hal ini disampaikan oleh Direktur Sekolah Dasar Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd dalam artikel yang dimuat di Direktorat Sekolah Dasar.

Selain itu, beliau juga menambahkan dengan mengenalkan dunia pertanian kepada peserta didik dengan harapan nantinya mereka mampu memanfaatkan teknologi dan informasi untuk kemajuan pertanian di Indonesia di masa depan.

Memperkenalkan dunia pertanian pada peserta didik juga akan melatih mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar, terutama jika lingkungan mereka banyak terdapat sawah dan ladang pertanian.

Cara Mengenalkan Pertanian dalam Pembelajaran

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan pertanian dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut:

1. Menurunkan dari Capaian Pembelajaran (CP)

Contoh CP pada Fase B untuk Keterampilan Pertanian Terpadu di Kelas “Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis tanaman dan hewan yang dibudidayakan (ikan atau hewan ternak) yang berpotensi dalam budidaya sistem pertanian terpadu.”

CP ini bisa diturunkan menjadi Tujuan Pembelajaran seperti ini:

  • Menganalisis jenis-jenis tanaman yang berpotensi dibudidayakan pada sistem pertanian terpadu
  • Menganalisis jenis-jenis ikan yang berpotensi dibudidayakan pada sistem pertanian terpadu
  • Menganalisis jenis-jenis hewan ternak yang berpotensi dapat dibudidayakan pada sistem pertanian terpadu

2. Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Tema Pertanian bisa juga diimplementasikan dalam perancangan P5. Anda bisa menyimak cerita dari mahasiswa UNS disini.

3. Merancang Kegiatan Kunjungan (Outdoor Learning)

Pembelajaran kontekstual terkadang tidak selalu dilaksanakan di dalam kelas. Namun, jika memungkinkan kita bisa mengajak peserta didik untuk langsung melihat di lapangan.

Saat kita ingin mengajarkan mereka tentang jenis profesi salah satunya adalah petani. Kita bisa mengajak mereka langsung mendatangi petani sembari mengamati apa saja yang menjadi pekerjaan dari petani dan bagaimana proses dari padi hingga menjadi beras yang bisa menjadi sumber makanan.

Pembelajaran kontekstual seperti ini akan membuat peserta didik mendapatkan banyak pengetahuan dan sudut pandang baru mengenai dunia pertanian.

Sembari pembelajaran di luar ini, kita juga bisa memanfaatkan untuk menggali refleksi mereka tentang bagaimana proses yang panjang dari benih padi hingga menjadi nasi yang mereka santap setiap hari.

Literasi yang kontekstual seperti ini akan memperkaya pengetahuan mereka dan tidak bisa mereka temukan sekedar di buku bacaan atau tekstual.

Kesimpulan

Mengenalkan pertanian kepada peserta didik selain membuat mereka mencapai kompetensi dasar yang diharapkan juga menanamkan kecintaan mereka terhadap lingkungan hidup mereka.

Dan jika anda membutuhkan referensi tentang pertanian, anda juga bisa mengunjungi blog pertanian yang menyediakan banyak sekali referensi mengenai dunia pertanian yang menarik dan bermanfaat.

0

Share on:

Leave a Comment