Desain, Guru, Guru Milenial, Pendidikan

Meningkatkan Skill Jaman Now

Salah satu mendasar yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju kebebasan finansial adalah dengan meningkatkan skill ataupun kompetensi. Daftar Isi hide...

Written by Bang Ridlo · 2 min read >

Salah satu mendasar yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju kebebasan finansial adalah dengan meningkatkan skill ataupun kompetensi.

Menurut Yodhia Antariksa, di bukunya Financial Freedom meningkatkan skill adalah salah satu usaha dan sudah dibuktikan oleh banyak orang sukses dengan skill ataupun kompetensi yang diakui.

Menariknya, tidak semua orang mau bersusah-payah meningkatkan skill ataupun kompetensinya. Namun, masih berharap besar bisa meningkatkan kesejahteraan.

Lalu apa yang bisa dilakukan sekarang?

Sejatinya, kita diberikan banyak sekali pilihan dan peluang untuk menuju kesejahteraan yang kita inginkan. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat ingin mengasah skill ataupun kompetensi diri.

Saya mencoba merangkumnya menjadi beberapa hal berikut:

Temukan Potensi Diri

Menemukan potensi diri, dalam hal ini yang saya maksud adalah apa yang menjadi bakat terpendam di masing-masing diri kita. Sebab, saya meyakini bahwa setiap manusia diciptakan memiliki bakat unik yang berbeda satu sama lainnya.

Bakat ini menjadi bekal dan misi hidup yang ia bawa sebagai manusia. Nah, sayangnya tidak semua orang mau dan mampu menggali potensi diri (baca: bakat).

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui potensi diri, mulai dari test psikologi, tes minat dan bakat, tes potensi, tes talent mapping, dan lain-lain. Bahkan tidak jarang ditempuh dengan mencoba pelbagai area yang bisa mengembangkan bakat kita.

Merencanakan Hidup

Saat kita akan membangun rumah impian, tentu kita perlu melakukan rencana matang. Mulai dari sketsanya, pemilihan modelnya, bahan materialnya, sampai pada berapa anggaran yang musti kita siapkan. Lalu, bagaimana dengan kehidupan impian kita?

Nah, menariknya tidak semua orang mau membuat perencanaan hidup. Arti dari merencanakan hidup ini sederhananya, kita tahu apa yang sedang kita tuju, menggunakan apa agar kita sampai pada tujuan tersebut dan tentu saja mempersiapkan diri dengan bekal yang kita siapkan sembari fokus pada apa yang kita tuju.

Kata kunci penting dalam merencanakan hidup ini adalah menetapkan tujuan. Pertanyaan seperti, “Apa yang sebenarnya ingin kita kontribusikan kepada dunia?”, “Kita ingin bermanfaat seperti apa kepada sesama?” dan lain-lain.

Tetapkan Prioritas

Setelah beres tentang bagaimana dan apa yang ingin kita capai dalam hidup. Maka, langkah selanjutnya adalah menetapkan prioritas. Jika kamu masih diberikan kesempatan, keluangan waktu maka manakah yang menjadi prioritas kamu. Mabar bareng temen, hangout dengan teman-teman, travelling, kulineran atau kamu memprioritaskan untuk meningkatkan skill dan kompetensi kamu. Sesuai dengan apa yang kamu rencanakan dan cita-citakan.

Memilih prioritas seperti memilih pilihan yang sulit. Tapi, jika kamu sudah tahu mau belajar tentang apa, kamu bisa mencoba beberapa pilihan kelas prakerja di SkillAcademy.

Contoh: Jika kamu bercita-cita ingin menjadi seorang yang ahli di bidang desain grafis. Kamu bisa mulai sekarang merencanakan pilihan fokus belajar tipografi di kelas ini.

Dari sekian banyak pilihan kelas prakerja tentang desain grafis, kamu perlu mempertimbangkan hal ini:

  • Materi yang disusun merupakan materi yang telah diverifikasi oleh tim prakerja, maka kamu sudah tidak perlu ragu dengan kualitas materi di kelas ini
  • Ada sesi tanya jawab tiap pekan dengan instruktur di kelas
  • Ada pengakuan resmi dalam bentuk sertifikat atas kelulusan kamu di kelas ini
  • Ada pendampingan karir yang akan membantu kamu dalam meniti karir profesional pasca lulus di kelas ini

Beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang memanfaatkan prakerja di SkillAcademy ini bisa kamu pelajari ditautan berikut.

Pilihan lain kelas prakerja bisa kamu lihat juga di tautan berikut. Tidak hanya tentang karir profesional di dunia kreatif, namun pilihan kelas lain yang tidak kalah keren bisa kamu pilih.

Oh ya, jika kamu aktif di media sosial tidak ada salahnya untuk mengikuti media sosial dari SkillAcademy untuk mendapatkan kelas yang lagi promo.

Belajar di kelas online, adalah salah satu tipping point, yang tentu saja bukan pemberhentian kamu belajar mengasah potensi diri.

Pembuktian terbesarnya adalah saat kamu berada di lingkungan profesional, seberapa fokus kamu akan prioritas-prioritas yang kamu rencanakan dan mencapai cita-cita besar yang kamu impikan.

Hidup sejatinya adalah proses yang terus berjalan. Belajar juga demikian, adalah bagian dari proses tersebut. Setelah belajar, kita mestinya menjadi semakin terampil dan memberikan banyak manfaat kepada banyak orang.

Written by Bang Ridlo
Menyukai dunia pendidikan, strategi branding dan marketing untuk sekolah dan lembaga serta secangkir kopi hitam tanpa gula. Kenalan yuk! Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published.