Guru, Guru Milenial, Pemimpin, Pemimpin Milenial, Pendidikan

Kebijakan Asesmen Nasional

Mas Mentri Pendidikan, Nadiem Makarim baru-baru ini menyampaikan kebijakan mengenai asesmen nasional melalui kanal Youtube Kemendikbud RI. Daftar Isi hide 1. Asesmen...

Written by Bang Ridlo · 1 min read >

Mas Mentri Pendidikan, Nadiem Makarim baru-baru ini menyampaikan kebijakan mengenai asesmen nasional melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

Video singkat berdurasi 4 menit ini memaparkan kebijakan mengenai asesmen nasional yang beberapa waktu sebelumnya cukup menggemparkan dunia persilatan, eh pendidikan, sebab seolah-olah menggantikan sistem asesmen berbasis ujian seperti UN dan UNAS.

Seperti apa sebenarnya kebijakan asesmen nasional ini, apa saja yang menjadi pertimbangan atau titik tekan, khusus untuk para pendidik, dan bagaimana menerapakannya, serta tentu saja pertanyaan kapan kebijakan ini mulai diterapkan?

Simak video mengenai kebijakan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan kita di bawah ini:

Untuk anda yang masih dalam mode hemat kuota, ini rangkuman sederhana yang bisa anda pelajari.

1. Asesmen Nasional penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan

Asesmen Nasional bukan hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, melainkan sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Asesmen ini tidak hanya mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

2. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian:

  • AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Kompetensi yang diukur adalah literasi dan numerasi.
  • Survey Karakter, untuk mengukur profil pelajar Pancasila, dg indikator: bertakwa kepada Tuhan YME & berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
  • Survey Lingkungan Belajar

3. Asesmen Nasional yang akan dilakukan pada tahun 2021

Asesmen Nasional yang akan dilakukan pada tahun 2021 merupakan baseline (pemetaan dasar), jadi tidak perlu ada persiapan khusus dari siswa/guru/orang tua.

Anda bisa juga membaca laman resmi mengenai kebijakan asesmen nasional di tautan berikut: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagai-penanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan

Andapun bisa mengunduh dokumen untuk mempelajari lebih dalam mengenai kebijakan tersebut di bawah ini:

Nah, bagaimana menurut anda kawan-kawan pendidik sekalian mengenai kebijakan ini? Klik salah satu tombol di bawah untuk membagikan informasi menarik dan bermanfaat ini.

Written by Bang Ridlo
Menyukai dunia pendidikan, strategi branding dan marketing untuk sekolah dan lembaga serta secangkir kopi hitam tanpa gula. Kenalan yuk! Profile

Saat Guru Merasa Puas

Bang Ridlo in Guru, Guru Milenial
  ·   2 min read

Leave a Reply