Ide Konten Pasca Liburan Lebaran

Bang Ridlo
Latest posts by Bang Ridlo (see all)

Hari ini kebanyakan sekolah melaksanakan hari pertama masuk sekolah pasca liburan hari Idul Fitri. Sebagai pembuat konten, seringkali membutuhkan ide-ide untuk membuat konten yang berkualitas di media sosial maupun platform publikasi lainnya.

Nah, berikut ini daftar ide yang mungkin bisa anda gunakan untuk membuat konten yang menarik dan tentu saja meningkatkan ekuitas brand sekolah anda:

1. Kegiatan Halal bi Halal Sekolah

Biasanya hari pertama sekolah memfasilitasi kegiatan halal bi halal di sekolah dan ini adalah momen yang tepat untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut lalu dipublikasi.

Dokumentasi kegiatan ini pastikan menggunakan foto-foto dan video yang menarik dan layak dilihat. Foto yang memiliki pesan di dalamnya, tidak hanya sekedar asal jepret. Video yang diambil se-stabil mungkin (tanpa bergetar-getar) serta memiliki pesan dan diambil dengan pilihan sudut yang menarik.

2. Sambutan Pimpinan Sekolah

Selain dokumentasi kegiatan, konten sambutan kepala sekolah dalam bentuk tulisan, carousel bahkan video singkat bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang menarik.

Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan untuk konten ini adalah

  • Video tidak lebih dari 2 menit
  • Isi pesan menarik dan tidak bertele-tele
  • Penyampaian jelas, sistematis dan menarik
  • Pembawaan yang hangat seperti menyambut keluarga yang baru datang kembali ke sekolah
  • Penampilan kepala sekolah diatur sedemikian rupa sehingga menampilkan kesan profesional sekaligus akrab

Untuk memudahkan membuat konten video ini, gunakan story board dan narasi yang telah dirancang bukan hanya pengambilan secara spontan (dadakan).

3. Kesan Peserta Didik

Hal menarik yang bisa diangkat untuk membuat konten adalah kesan para peserta didik saat masuk sekolah pasca liburan.

Bisa merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana perasaan mereka saat masuk sekolah lagi, apa yang paling dirindukan di sekolah, guru mana yang paling ingin dimintai sungkem, dan lain-lain.

Konten ini juga bisa dikemas seperti vlog yang dibawakan oleh sesama peserta didik yang melakukan wawancara dengan peserta didik lain dari berbagai jenjang atau kelas.

4. Jadwal Terdekat Sekolah

Konten juga bisa berupa pengumuman jadwal terdekat yang akan dilaksanakan sekolah, misal: jadwal kegiatan ujian akhir semester, jadwal wisuda, parenting ataupun agenda kegiatan menarik lainnya.

Selain sebagai publikasi informasi penting kepada walimurid, konten ini bisa menjadi penarik minat calon walimurid lain yang sedang mencari sekolah dengan kegiatan-kegiatan yang tidak membosankan.

5. Pemandangan Estetik Sekolah

Penampilan kelas baru yang ditata, kerapian rak sepatu, kerapian saat antri masuk kelas, kerapian saat mengambil wudhu, sudut baca kelas, ataupun aktivitas lain yang menarik untuk dijadikan konten foto ataupun video singkat.

Nah, demikian 5 ide konten pasca liburan lebaran yang bisa anda gunakan untuk media sosial ataupun media publikasi lainnya.

Jika anda memiliki ide lain, silakan tulis di panel komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0

Share on:

Leave a Comment