Marketing, Marketing Sekolah

Fakta Seputar Whatsapp (Data Indonesia Tahun 2020)

Ada data menarik seputar penggunaan media sosial di Indonesia. Data ini dilansir dari WeAreSocial yang dirangkum dalam laporan statistik bulan Januari 2020....

Written by Bang Ridlo · 54 sec read >

Ada data menarik seputar penggunaan media sosial di Indonesia. Data ini dilansir dari WeAreSocial yang dirangkum dalam laporan statistik bulan Januari 2020.

Disebutkan bahwa ada 160 Juta pengguna aktif media sosial dan jika dibandingkan dengan jumlah penduduk total, sekitar 59%. Uniknya, 99% dari pengguna aktif tersebut mengakses melalui smartphone.

Jika dilihat usianya mayoritas pengguna di angka 18-34 tahun dan rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 26 menit per hari untuk mengakses media sosial.

Nah, bagaimana dengan pengguna Whatsapp?

Pengguna Whatsapp menurut laporan ini sebesar 84% di urutan kedua, sedangkan urutan teratas diraih oleh Youtube. Facebook dan Instagram mengikuti di urutan ketiga dan keempat.

Jika, dibuat angka bisa dibilang pengguna Whatsapp sebesar 134 juta pengguna aktif.

Anda bisa bayangkan betapa besar peluang, jika melihat data ini.

Peluang bagi para pebisnis, pemilik produk, jasa, institusi dan semua lembaga ataupun perorangan yang mulai menekuni digital marketing, terlebih lagi marketing melalui media sosial.

Anda bisa membaca data lengkap ini di slide di bawah ini:

Setelah bicara data yang cukup fenomenal ini (itu jika anda bisa membayangkan betapa besar potensinya), maka pertanyaan lanjutannya,

“Apa yang bisa kita lakukan??”

“Apa yang bisa kita optimalkan?”

Nah, pertanyaan ini menarik untuk dijawab dan diulas di edisi berikutnya..hehehe

Intinya di tulisan kali ini, setidaknya anda mulai tertarik dengan data dan statistik, dan paling penting adalah mengubah persepsi tentang media sosial.

Seperti pisau bermata dua, ia bisa berbahaya dan sekaligus bermanfaat. Tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkannya.

Terlebih lagi jika kita bicara tentang strategi digital marketing, salah satunya menggunakan Whatsapp.

Bagaimana menurut anda? Apa yang bisa dilakukan setelah melihat data di atas?

Written by Bang Ridlo
Menyukai dunia pendidikan, strategi branding dan marketing untuk sekolah dan lembaga serta secangkir kopi hitam tanpa gula. Kenalan yuk! Profile

One Reply to “Fakta Seputar Whatsapp (Data Indonesia Tahun 2020)”

Leave a Reply