Aplikasi Mengajar Online Powerful

Para pendidik era kekinian mempunyai tantangan yang cukup besar saat mencoba menyelenggarakan pembelajaran online, pembelajaran digital alias pembelajaran jarak jauh. Selain faktor kompetensi pendidik, fasilitas, kesiapan peserta didik dan orangtua, serta faktor-faktor lain yang tidak kalah menantang senantiasa menyelimuti proses penyiapan pembelajaran ini.

Pemerintah, dalam hal ini kemendikbud juga tengah mengupayakan dengan berbagai cara untuk membantu guru, siswa, orangtua dan sekolah.

Sebagai upaya untuk menyelenggarakan pembelajaran online, pendidik juga bisa mengajar online dengan memanfaatkan beberapa aplikasi diantaranya adalah:

1. Rumah Belajar

Aplikasi ini adalah aplikasi yang diluncurkan oleh kemendikbud, yang bisa dimanfaatkan oleh pendidik, orangtua maupun peserta didik.

Tampilan web rumah belajar

Sebab, di dalamnya terdapat berbagai sumber pembelajaran yang bisa dioptimalkan. Selain bisa diakses dari aplikasi, rumah belajar bisa juga diakses langsung melalui laman https://belajar.kemdikbud.go.id/.

Rumah belajar menyediakan berbagai jenis media seperti video, audio, gambar hingga animasi interaktif.

Panduan rumah belajar inipun bisa diunduh di laman berikut https://belajar.kemdikbud.go.id/bdr/. Ada 4 fitur utama rumah belajar yang bisa dimanfaatkan seperti, kelas maya, sumber belajar, bank soal dan laboratorium maya.

2. seTARA Daring

seTARA daring adalah aplikasi berbasis Learning Management System (LMS) yang juga diluncurkan oleh kemendikbud, lebih tepatnya Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan. Aplikasi ini diperuntukkan untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh seperti kelas digital mulai dari Paket A, Paket B dan Paket C.

Tampilan web setara daring

Platform ini juga bisa diakses melalui laman berikut http://setara.kemdikbud.go.id/kesetaraan, salah satu fitur keren menurut saya di platform ini adalah terintegrasinya seTARA daring dengan beberapa sumber belajar.

3. Zenius

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi untuk pembelajaran yang cukup lama. Zenius sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Berawal dari mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi SBMPTN, sekarang UTBK aplikasi ini cukup mendapat respon yang positif.

Tampilan web Zenius

Sekarang aplikasi zenius sudah diunduh hampir 50 ribuan (dari jumlah reviewer pengguna) dengan fitur yang terus dikembangkan. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh pendidik untuk mengajar online lebih optimal, sebab di dalamnya terdapat berbagai jenis fitur seperti, video pembelajaran, pembahasan soal dan bank soal serta firu lain yang bisa anda coba.

4. Kelas Pintar

Tampilan web kelas pintar

Aplikasi ini bisa digunakan untuk siswa SD, SMP, SMA yang mengakomodir gaya belajar visual, auditori maupun kinestetik. Kelas pintar mempunyai filosofi pembejaran sederhana, yakni learn, practice dan test. Serta ada juga fitur bertanya kepada para tutor yang ada di kelas pintar, selain itu fitur jadwal belajar dan PR membuat siswa bisa lebih mudah dalam belajar secara mandiri. Tentunya, guru kelas akan sangat terbantu dengan memanfaatkan kelas pintar sebagai tambahan pada peserta didik.

5. Aku Pintar (untuk guru)

Tampilan web aku pintar

Aku Pintar Guru merupakan platform bagi Guru (Pengajar) untuk mempermudah proses pembelajaran dalam memahami kebutuhan masing masing pelajar berdasarkan Minat dan Bakatnya. Aplikasi ini pun bisa diakses melalui dekstop atau laman https://akupintar.id. Selain aplikasi untuk guru atau pendidik, AP (Aku Pintar) juga menyediakan aplikasi untuk peserta didik yang bisa juga pasang di gadget berbasis android.

6. Google Suite Education

Keluarga dari google app yang sangat mudah digunakan, di dalamnya terdapat Google Classroom untuk mengelola kelas, Google Jamboard sebagai papan kelas digital, Google Keep untuk penyimpan sticky note digital, serta Google Doc/Sheet/Slide untuk melengkapi media pembelajaran. Belum lagi ditambah Google Meet untuk pertemuan tatap muka daring dengan para peserta didik.

Saya pribadi merasa sangat cukup terbantu dengan keluarga si Google Apps ini, terlebih untuk mengelola kelas dan tentu saja untuk produktivitas pribadi.

7. Kipin School

Aplikasi dengan nama unik ini mempunyai 5 fitur utama, diantaranya buku pelajaran sekolah K13, video pembelajaran, soal tryout, komik literasi, dan sistem ujian sekolah.

Kipin School atau bisa disingkat dengan KS4, merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan peserta didik mulai dari SD, SMP dan SMA serta SMK.

8. Sekolah.mu

Aplikasi sekaligus laman yang mempunyai domain unik ini, https://www.sekolah.mu/. Sekolahmu saat ini berkembang cukup pesat, dimana segment nya tidak hanya peserta didik, namun juga sampai pada level profesional.

Untuk kebutuhan mengajar online, platform yang ditawarkan oleh sekolahmu bisa dioptimalkan seperti media pembelajaran berbasis video interaktif, pengembangan kompetensi pedagogis, latihan soal ujian dan lain-lain.

Nah, itulah 8 aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengajar online yang harapannya bisa membantu para pendidik untuk tetap produktif dan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh lebih optimal.

Semoga artikel tentang aplikasi mengajar online ini bermanfaat dan jika anda mempunyai tambahan informasi aplikasi lain, mari kita diskusikan di panel komentar di bawah.

Leave a Reply

Item added to cart.
0 items - Rp0
%d bloggers like this: