Rahasia Para High Performer (Passion)

Bang Ridlo

Passion, bagi saya pribadi sesuatu yang selalu menarik untuk di bahas. Sebab, menurut saya faktor passion ini adalah salah satu faktor yang menentukan bagaimana seseorang bisa memiliki maha karya dan memberi manfaat kepada sesama.

Kali ini saya ingin membahas passion lebih luas, menghubungkannya dengan bagaimana orang-orang dengan kinerja dan karya keren. Apa yang mendorong mereka bisa memiliki kinerja dan prestasi yang sekeren itu? Bagaimana posisi dari passion dalam kinerja tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab sudah di bukunya Mas Rene, Passion is nothing without Creation”. Passion itu tidak ada tanpa karya. Jadi jika seseorang mengaku memiliki passion A, maka harus dibuktikan dengan karya di bidang A tersebut.

Saya penyuka buku-buku yang ditulis Mas Rene Suhardono. Selain pembahasannya menarik, desain tata letak buku yang eye-catching dan didukung dengan riset yang dilakukan penulis dan tim.

Pada buku kedua yang saya miliki ini, mas Rene membahas hubungan passion dengan orang-orang dengan kinerja dan karya yang keren. Menurut penulis, ada 4 hal yang membuat seseorang memiliki kinerja yang tinggi serta karya yang keren.

1. Passion in the moments within the industry

Orang-orang yang memiliki kinerja yang tinggi, memiliki kesamaan yakni keyakinan bisa keren di bidang atau industri yang mereka jalankan. Bahkan sebelum mereka mulai berkiprah.

Keyakinan ini adalah produk dari kecintaan pada industri atau bidang yang dipilih. Kecintaan yang membuat mereka lebih tahan banting, lebih sabar, lebih berani, lebih gigih, dan lebih peduli.

Mereka tidak sekedar bekerja, mereka asyik berkarya.

Passion > Belief > Action > Attitude > Performance

2. Freedom & Creativity

Selain memiliki passion yang cukup tinggi, orang-orang dengan kinerja tinggi memiliki daya kreativitas yang tinggi pula.

Kreativitas dalam bekerja, didukung oleh pemimpin yang memberikan kebebasan pada individu yang telah dibekali oleh passion.

Kebebasan dalam bekerja seringkali muncul sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan dari atasan pada anggota organisasi yang berkontribusi baik.

Orang-orang dengan kinerja tinggi ini mencintai pekerjaan mereka sedemikian rupa sehingga mereka rela untuk mengambil tanggung jawab dan peran lebih besar di luar batasan job description.

3. Vision & Life Purpose

Orang-orang dengan kinerja tinggi menyadari pentingnya keselarasan tujuan hidup mereka dengan tujuan atau arah yang ditetapkan oleh organisasi tempat mereka bekerja.

Menurut Mas Rene, passion sangat berhubungan dengan tujuan hidup kita. Passion dalam diri manusia seperti benih untuk ditanam, disiram, dipupuk, dan seterusnya.

4. Opportunity to Develop Passion

Orang-orang dengan kinerja tinggi sangat mernghargai setiap kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan passion menjadi kebiasaan dalam bidang-bidang yang mereka minati.

Kesempatan paling menarik adalah kesempatan untuk berkarya.

Tantangan, masalah dan ujian dipandang sebagai keasyikan baru atau kesempatan untuk memantapkan diri.

Lebih jauh lagi, mereka membuka diri pada hal-hal baru untuk berkembang.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ke-empat hal ini memang benar-benar menjadi pembeda antara orang-orang yang berkinerja tinggi dan rendah?

Jangan-jangan selama ini kita abai terhadap 4 hal ini sehingga kinerja kita tidak mengalami peningkatan signifikan.

0

Share on:

Leave a Comment