Studi Kasus Bagaimana Teknologi AI Membantu Pekerjaan Guru

Bang Ridlo

Jika kita kemarin membahas tentang bahaya sekaligus peluang teknologi AI dalam pendidikan. Kali ini akan saya tunjukkan bagaimana teknologi AI bisa membantu pekerjaan seorang guru.

Saya pernah berada dalam situasi tidak merasa bahagia mengerjakan urusan administrasi guru, saat menjadi guru.

Bosan, lelah, dan jenuh dengan aktivitas pengerjaan administrasi. Apalagi jika ada tenggat waktu yang mendadak dari kepala sekolah.

Contoh membuat RPP yang biasanya rutin dikerjakan di akhir pekan (Sabtu), tiba-tiba pak Kepala Sekolah meminta para guru membuat RPP untuk 1 semester agar bisa digunakan untuk persiapan akreditas.

Kisah tersebut saya rasakan sekitar 13 tahun yang lalu. Saat itu teknologi AI yang masuk di Indonesia belum seperti sekarang. Bahkan HP saya saat itu masih BBM versi jadoel.

Jika hari ini saya mendapatkan tantangan seperti 13 tahun silam. Sudah bukan menjadi beban dan masalah lagi, mengapa? Sebab, saya bisa menyerahkan tugas ini kepada robot AI.

Salah satunya adalah ChatGPT. 

Saya cukup memberi perintah beberapa baris lalu mendapatkan hasil berupa RPP siap edit. Bukan siap pakai ya? Sebab, masih ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelas

Jadi perintah yang saya tulis pada ChatGPT adalah

Buatkan saya RPP sederhana untuk tujuan pembelajaran berikut "Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari". Materi ini untuk fase B tingkat SD.

Ini adalah salah satu contoh saja. Masih banyak yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan ChatGPT untuk meningkatkan produktivitas kita sebagai pendidik.

Kita bisa membuat Tujuan Pembelajaran atas Capaian Pembelajaran berbasis Taksonomi Bloom, kemudian bisa membuat bahan bacaan atas topik tertentu, membantu kita menemukan ide aktivitas kegiatan pembelajaran di kelas, membantu kita membuat soal asesmen dan lain-lain.

Untuk itu saya berencana untuk mengadakan Mini Workshop secara online tentang bagaimana memanfaatkan ChatGPT ini untuk kebutuhan administrasi guru. Informasi lengkapnya klik tombol di bawah ini:

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di workshop!

0

Share on:

Leave a Comment